Miris, Tak Bisa Ikut Wajib Belajar 12 Tahun Meski Dekat Ibukota Negara



LEBAK BANTEN- Kebijakan wajib belajar 12 tahun adalah kebijakan tambahan yang dilakukan setiap provinsi atau bahkan jika mampu kota kabupaten bisa melakukannya asalakan dapat memenuhi semua kebutuhan yang sumbangkan berdasarkan APBD. Wajib belajar 12 tahun kini sudah perlahan banyak dilakukan diwilayah seperti sumatra selatan, sulawesi dan Jakarta dan beberapa daerah lain hal ini dikarenakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah daerah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berbeda dengan Lebak Banten yang tidak mampu menjadikan wajib belajar 12 tahun padahal Banten merupakan provinsi dekat dengan Ibukota Negara seharusnya bukan menjadi persoalan lagi mengenai isu pendidikan yang ada dan dapat dengan mandiri menerapkan wajib belajar 12 tahun hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti dikuti dari berita liputan6.com

Akibat pertumbuhan ekonomi yang lambat pemerintah Lebak Banten mengalami kesulitan masih banyak warga Lebak yang tidak mampu menyelesaikan wajib belajar yang ditetapkan pemerintah selama 12 tahun menurut data rata-rata siswa Lebak hanya bersekolah 6,3 tahun saja atau tidak mencapai tamat SMA. Meski pemerintah setempat mengusahakan hal tersebut ada beberapa hambatan yang terjadi.

Kabupaten Lebak hanya hanya sekitar 17 milyar untuk infasturktur seperti jalan, jembatan, kesehatan, pendidikan dan juga ketahanan pangan dari 89 milyar yang diberikan pemerintah provinsi. Kabupaten Lebak yang memiliki luas wilayah 35 persen dari luas Provinsi Banten 9.160,70 kilometer persegi, memiliki penduduk 1.233.905 jiwa, dari 11 juta jiwa jumlah populasi Banten.

Hampir 32 persen dari luas walayah adalah hutan lindung yang tidak bisa diolah menjadi sektor pertanian bisa dibayangkan pertumbuhan ekonomi di Lebak terbilang sangat lambat maka dari itu peran serta bantuan dari pemerintah pusat yang di pimpin oleh Jokowi harus dilakukan untuk menyelamatkan sektor pendidikan apalagi Banten dekat dengan Ibukota negara artinya perkembangan laju ekonomi seharusnya dapat berkali-kali lipat lebih maju dari daerah yang jauh dari Ibukota.
Bagikan Artikel :
Share on FB Tweet Share on G+

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Acak