Kurikulum Tematik 2013 Akankah di Ganti Jokowi

Kurikulum Tematik 2013 Akankah di Ganti Jokowi

Kurikulum 2013- Kekawatiran sebagian besar masyarakat terutama para guru disekolah adalah pergantian ataupun cucuk cabut kurikulum bisa dibayangkan pendidikan Indonesia layaknya sebuah tikus percobaan yang selalu mendapatkan imbas dari beberapa perubahan kurikulum, bahkan beberapa pakar menyampaikan perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah bukalah solusi jitu untuk memperbaiki pendidikan Indonesia.

Lebih dari itu, perubahan kurikulum yang selama ini dilakukan diklaim sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan dari tahun ke tahun. Kenyataannya tidak sedikit para pionir sekolah seperti ujung tombak pendidikan yang ada disekolah bingung dengan kebijakan pemerintah ini sebab ada banyak alasan yang bisa diperoleh bahkan satu kurikulum saja dinilai belum mampu diserap secara keseluruhan oleh murid dan kini sudah berpindah ke kurikum baru.

Tidak sedikit guru yang merasa bingung dengan kebijakan pemerintah belakangan ini, lantas perubahan kurikulum terkhir tahun 2013 ini apakah akan bernasib sama dengan pemerintahan sebelumnya yang selalu menerapkan sistem kurikulum yang nomaden bisa dikatakan demikian. Jika hal ini dibiarkan begitu saja bukan tidak mungkin pendidikan yang ada di Indonesia malah mengalami kemunduran bukan malah maju.

Hal ini tentu harus disikapi bijak oleh pemerintah yang berkuasa saat ini, pendidikan Indonesia bukanlah sebuah laboratorium yang dibuat sebagai tikus percobaan layaknya penelitan jika gagal maka akan digantikan dengan program baru. Hal ini juga akan berdampak pada sistem pendidikan yang dilakukan oleh sekolah.

Tidak heran kalau beberapa sekolah menolak keras perubahan kurikum yang bisa dipastikan tidak sampai 3 tahun terus berubah. Jika kita berkaca dari negara tetangga seperti Australia tentu sudah terbukti perubahan kurikulum bukan solusi jitu untuk meningkatkan mutu pendidikan hal ini dibuktikan oleh negara tetangga kita yang menerapkan sistem kurikulum tetap sebagai landasan pendidikan hasilnya sangat luar biasa ada banyak doktor-doktor muda yang dicetak usia dini.

Pendidikan yang ada di Australia pun jauh lebih maju dari Indonesia. Saat ini di masa pemerintahan Jokowi penempatan Menteri sudah berdasarkan kapasitasnya Kementerian pendidikan sudah di huni oleh beberapa ahli dibidang pendidikan yang lebih menguasai bidang pendidikan. Ada isu bahwa kurikulum 2013 tidak akan diubah melainkan hanya diperbaiki bila ada keselahan dan kegagalan.

Beberapa opini ini tentunya dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia sebab, kebijakan yang dibuat akan berdampak besar pada pendidikan yang ada di Indonesia mengingat untuk pendidikan sekitar 20 persen alokasi APBN setiap tahun akan diberikan kepada pendidikan jangan sampai perubahan kurikulum yang dilakukan akan hanya menghambur-hamburkan uang negara tanpa mendapatkan dampak kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia.

Tentu masih menjadi pertanyaan besar apakah kurikulum tematik 2014 akan di Ganti Lagi Jokowi dan kabinet kerjanya, harapan kedepan pendidikan Indonesia harus mendapatkan sebuah langkah efektif dalam memperbaiki sistem pendidikan yang ada dan perubahan kurikulum bukan solusi jitu untuk memperbaiki pendidikan Indonesia. Sebab negara kita perlu kurikulum baku seperti kebanyakan negara maju dan jika terjadi ketidak sesuaian atau harus diperbaharui yang perlu diganti adalah sistemnya bukan kurikulumnya.
Bagikan Artikel :
Share on FB Tweet Share on G+

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Acak