Penerapan Evoting Pilkades Pertama di Indonesia

Pilkades- Ciptodadi 1 merupakan salah satu desa pertama kali yang menerapkan sistem pemilihan Evoting untuk tingkat kepala desa, menurut sumber yang kami dapat dari panitia bahwa pemilihan ini menjadi yang pertama dilakukan di Sumatra Selatan bahkan pemerintah pusat sempat mengirim utusan untuk melihat berlangsungnya proses pemilihan melalui Evoting. bertempat di Desa Ciptodadi 1 dusun kotubaru kecamatan Sukakarya kabupaten Musi Rawas.

Sejak jam 08.00 sampai dengan 13.00 wib pemilihan dengan menggunakan sistem Evoting dilakasanakan, untuk Desa Ciptodadi 1 terbilang cukup banyak untuk pemilihan kades ada sekitar 8 pasang calon terdiri dari beberapa dusun seperti 3 pasang calon dari Sungai Baung, 3 pasang calon dari dusun kutobaru, dan 1 pasang calon dari temelat serta satu pasang calon dari kertayasa.

Bahkan menurut informasi yang kami ambil dari beberapa panitia bahwa penyelenggaran pemilihan kades dengan menggunakan sistem Evoting adalah pertama di Indonesia bisa dibilang kalau ini adalah pemilihan kades percontohan untuk seluruh Indonesia yang nantinya menjadi cikal bakal pemilihan melalui Evoting di Indonesia.


Bahkan masyarakat mengaku, tidak mendapatkan kesulitan untuk memilih dengan sistem Evoting sebab sebelumnya tim penyelenggara kegiatan Evoting desa Ciptodadi 1 telah melakukan sosialisasi terkait dengan sistem Evoting selain itu ada beberapa keunggulan yang bisa didapat dengan menggunakan Evoting ini diantanya, logistik pemilihan yang lebih hemat dibandingkan dengan pemilihan biasa pada umunya.

Proses yang dilakukan cukup mudah untuk memilih dengan menggunakan Evoting pertama masuk melalui puntu utama pada posko pemilihan kemudian serahkan udangan melalui panitian, nantinya panitia akan menunjukan jalan untuk mengambil sebuah kartu chip yang digunakan untuk data pemilihan. Menuju kebilik pilihan lanjut panitia akan memasukan kartu chip ke bilik pada layar akan tampil 8 pasang calon.

Tinggal pemilih memilih foto dan nomor urut calon jika sudah selesai klik maka akan ada keterangan yang berisi apakah anda ingin memilih ada tulisan ya atau tidak jika tidak akan kembali pada menu utama dan jika ya mesin akan memproses dan mencetak hasil pemilihan, nantinya akan dimasukan pada kota suara yang telah disiapkan.




Setelah proses selesai maka akan dilaksanakan dengan beberapa ketentuan lain seperti menuju kepintu keluar dan menyalami semua calon kades. dan terakhir mencelupkan tangan ke tinta sebagai tanda bukti telah memilih. Selain itu tidak ada kesulitan yang dihadapi untuk pemilih yang sudah lanjut usia bisa ditemani dengan cucu atau ahli waris lainya.

Selain itu keunggulan dari Evoting yang telah diterapkan pada pilkades ini lebih meringankan beban panitia karena setelah semua proses pemilihan selesai hasil rekapan nilai sudah ada dikomputer tinggal mencocokan dengan hasil dari struk yang ada. Kemudian semua proses telah selesai.

Gagasan Evoting ini akan nantinya diberlakukan keseluruh desa yang ada di Indonesia, nah Ciptodadi I sebagai desa pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Evoting. Tidak menutup kemungkinan jika pilpres mendatang akan dilaksanakan dengan menggunakan Evoting jika tahapan dari pilkades sudah berjalan sukses diseluruh Indonesia. Desa Ciptodadi menjadi yang pertama dan sebagai percontohan penyelenggarana Evoting Pilkades pertama di Indonesia.
Bagikan Artikel :
Share on FB Tweet Share on G+

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Acak